Dunia Bisnis Aneka Pangandaran Ragam Update Tips Bisnis
Dunia Bisnis
5 Rahasia Sukses Jack Ma, Orang Terkaya di China

5 Rahasia Sukses Jack Ma, Orang Terkaya di China


Oleh Administrator | Jum'at, 23 Juni 2017 07:27 WIB | 70 Views

Orang terkaya di China sekaligus pemilik Alibaba.com Jack Ma sebelum mencapai sukses dengan perusahaan raksasa e-commerce yang didirikannya tersebut pernah beberapa kali melewati berbagai kegagalan dan kesulitan yang cukup lama.

Namun berkat ketekunan yang dimiliki, dia kini telah berubah menjadi orang yang sangat sukses dan berada di peringkat ketujuh sebagai orang terkaya sedunia di bidang teknologi versi majalah Forbes.

Pada tahun lalu, ia tercatat  memiliki pendapatan sebesar sebesar US$ 23 miliar. Namanya juga tercatat sebagai orang terkaya di China.

 

Lalu apa saja rahasia sukses dari seorang Jack Ma hingga bisa membuatnya menjadi salah satu orang terkaya dunia? Berikut ini adalah lima kunci suksesnya seperti dilansir situs Inc:

1. Orang perlu mempercayaimu

Dari karyawan hingga investor, orang-orang menaruh banyak keinginan pada Anda, karenanya orang pun harus mempercayai Anda. Ma mengatakan bahwa kepercayaan merupakan bagian integral kesuksesan Alibaba.

“Kepercayaan ini yang membuat kita bersatu,” katanya “Sebanyak 18 investor mempercayai saya, dan karena mereka mempercayai saya, saya harus sangat setia kepada mereka dan setia terhadap misi yang dimiliki,” tambahnya.

Menurut dia, kepercayaan dan misi perusahaan yang diberikan padanya merupakan hal paling berharga yang harus dijaga.

2. Lupakan kompetisi, fokus pada pelanggan Anda

Ma tidak terlalu khawatir dengan kompetisi Alibaba. Semua yang Alibaba lakukan  bergantung pada kebutuhan pelanggan. Alasannya sederhana, yaitu untuk mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang, kepuasan pelanggan harus sesuai dengan keputusan yang Anda buat.

Jika pelanggannya berkata 'Jack Anda harus membangun lebih banyak gudang,’ maka ia akan berusaha membangun gudang, hal itu dilakukan bukan karena ada uang, tapi semua yang dilakukannya tersebut memang diperlukan.

Ketika ditanya siapa yang dilihatnya sebagai pesaing Alibaba, Ma mengatakan bahwa dia tidak tahu. “Sebagai pengusaha, jangan memandang tetangga Anda sebagai pesaing, jangan juga memusatkan perhatian pada pesaing Anda, karena hal itu terlalu kecil, tapi fokuslah pada pelanggan Anda, karena membuat pelanggan bahagia itu penting,” jelasnya.

3. Pikirkan bisnis Anda secara global

Bagi Ma, masa depan bersifat global. Dia yakin usaha kecil harus beroperasi secara internasional agar bisa bertahan dalam jangka panjang. "Jika Anda tidak mencoba menglobalisasi bisnis Anda melalui Internet, Anda mungkin tidak memiliki peluang bisnis," kata Ma.

Dia berpendapat bahwa bisnis lokal akan semakin kompetitif. Karenanya dia akan terus mendorong usaha kecil untuk memikirkan bagaimana mereka bisa menjual produk di seluruh dunia.







Dunia Bisnis Lainnya
Jangan Tertipu Diskon, Ini Barang yang Anda Butuhkan saat Lebaran
Jangan Tertipu Diskon, Ini Barang yang Anda Butuhkan saat Lebaran
Jum'at, 23 Juni 2017 06:57 WIB
Kebiasaan yang selalu terjadi di Indonesia sekitar satu pekan sebelum Lebaran, pusat perbelanjaan selalu penuh dengan manusia. Betul-betul penuh. Pernah beberapa tahun lalu, iseng saya datang ke sebuah mal di pinggir Jakarta sekitar dua hari sebelum Lebaran, saya betul-betul susah bergerak.